Makalah TamanSari



TUGAS !
Ilmu Budaya Dasar







Nama : Retno Dian Andriani
Kelas : Hubungan Internasional (1A)
NPM : 16430025



A.  Latar Belakang
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki berbagai macam suku bangsa, bahasa, adat istiadat atau yang sering kita sebut kebudayaan. Keanekaragaman budaya yang terdapat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya.
 Kebudayaan sendiri merupakan kekayaan yang sangat benilai harganya karena selain merupakan ciri khas dari suatu daerah juga mejadi lambang dari kepribadian suatu bangsa atau daerah itu .
Hidup di jaman modern seperti sekarang ini , banyak sekali terutama kalangan muda yang melupakan kebudayaan di sekitar mereka . Adanya globalisasi memudahkan budaya baru untuk  masuk dan  menggeser norma dan adat yang ada . Maka dari itu , diperlukan adanya kesadaran diri untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada.

B.   Tujuan
1.      Manambah wawasan.
3.      Mengembalikan kesegaran pada lemahnya otak yang selalu kuliah
4.      Mengenal lebih jauh wisata sejarah
5.      Mengkaji lebih jauh nilai-nilai budaya, sejarah, dan unsur kehidupan lainnya melalui tempat wisata yang mendukung.
6.      Untuk melengkapi tugas Ilmu Budaya Dasar

C.   Manfaat
1.   Sebagai alternatif penambah wawasan tentang wisata Indonesia.
2.   Dapat mengkaji lebih dalam mengenai sejarah bangsa maupun perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi
5.   Memiliki pengetahuan yang lebih, tentang wisata bila dibandingkan dengan orang yang hanya  mengandalkan narasumber atau media lain sebagai sumber wawasan.
6.   Tidak lagi menjadi manusia yang terbelakang
7.   Sebagai sarana refresing atau relaksasi diri.


D.  Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah metode observasi (pengamatan) ,wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi yaitu metode yang dilakukan dengan mengamati langsung objek-objek wisata yang dikunjungi.
Dalam arti sempit, observasi diartikan sebagai tindakan pengamatan secara langsung terhadap suatu gejala yang diselidiki, baik dalam situasi alami maupun buatan. Sedangkan dalam arti luas, observasi berarti pengamatan terhadap suatu objek , baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan alat penolong, ataupun data-data lain yang mendukung.
Metode wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi dimana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Dengan cara ini kami dapat mengumpulkan beberapa data untuk membuat laporan.
Dokumentasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai sesuatu yang tertulis , tercetak atau terekam yang dapat dipakai sebagai bukti atau keterangan. Dengan metode ini kami dapat mengumpulkan data-data, keterangan-keterangan untuk membuat laporan ini.

 
E. Pembahasan

Taman Sari merupakan salah satu bangunan bersejarah Keraton Yogyakarta , yang memiliki arti “ Taman yang Indah “ . Didirikan oleh Sultan Hamengku Buwana I pada tahun Ehe 1684 Jw ( 1758 ) . Memiliki Fungsi sebagai :
1.      Tempat Pertahanan
-          Adanya benteng keliling yang tinggi
-          Adanya baluver ( bastion ) untuk menempatkan persenjataan
-          Gerbang atau gapura yang dilengkapi dengan beberapa tempat penjagaan para prajurit dan abdi dalem

2.      Tempat Religius
Bangunan yang difungsikan untuk aktivitas religi dan meditasi bagi sultan yaitu Pulo Panembung dan Sumur Gumuling , berada di tengah kolam Segaran .Pulo Panembang berada di selatan Pulo Kenanga dan Sumur Gumuling bearda di barat Pulo Kenanga

3.      Tempat Pesiar
Dengan adanya beberapa fasilitas seperti umbul , pasiraman , kolam , segaran , dan pertanaman.
TamanSari dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
a.       Danau buatan yang terletak di sebelah barat
b.      Bangunan yang berada di sebelah danau buatan yaitu Pemandian Umbul Binangun
c.       Pasarean Ledok Sari dan olam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua
d.      Bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas kea rah timur sampai tenggara kompleks Manganan.

Diantara beragam komplek di TamanSari , tempat yang paling terkenal untuk dijadikan area untuk foto adalah di Sumur Gumuling. Dahulu bangunan ini berfungsi sebagai masjid, yang merupakan tempat beribadah Sultan. Di bagian tengah yang terbuka, terdapat empat buah tangga naik, dan bertemu di bagian tengah. Di bagian bawahnya terdapat kolam untuk berwudhu. Sedangkan pada salah satu sisi pertemuan empat jenjang tersebut, terdapat satu jenjang lagi untuk naik ke lantai 2.
Di area tamansari sendiri sering dijumpai banyak tempat menjual oleh oleh dari batik , kerajinan dll . tak lupa ada banyak sekali rumah rumah yang enjual minuman . Salah satunya di dekat pintu keluar dari area Sumur Gumuling . Ada rumah yang menjual Es Dawet . Ibu Eksa , dirinya asli dari Surabaya yang pindah ke Jogja 20 tahun yang lalu ,  beliau mengatakan sudah berganti ganti barang jualan dan yang paling baru adalah es dawet yang enak ini . Harganya ? uh bagi mahasiswa yang kekurangan uang , es dawet seharga 10.000 rupiah ini tergolong cukup mahal .

F. Referensi
Brosur Taman Sari
Ibu Eksa 

G. Lampiran

 Ibu Eksa berasal dari Surabaya
Profesi : Berjualan es Dawet buatan sendiri

CONVERSATION

1 komentar:

Back
to top